Ikhtisar 4 Media Komunikasi Publik
KOMUNIKASI PUBLIK DAN KOMUNIKASI MASSA
A. KOMUNIKASI PUBLIK
a. Pengertian Komunikasi Publik
Komunikasi
publik merupakan
suatu komunikasi yang dilakukan di depan banyak orang. Dalam komunikasi publik
pesan yang disampaikan dapat berupa suatu informasi, ajakan, gagasan.
Sarananya, bisa media massa, bisa pula melalui orasi pada rapat umum atau aksi
demonstrasi, blog, situs jejaring sosial, kolom komentar di website/blog,
e-mail, milis, SMS, surat, surat pembaca, reklame, spanduk, atau apa pun yang
bisa menjangkau publik. Yang pasti, Komunikasi Publik memerlukan keterampilan
komunikasi lisan dan tulisan agar pesan dapat disampaikan secara efektif dan
efisien.
Komunikasi Publik adalah komunikasi
antara seorang pembicara dengan sejumlah besar orang (khalayak) yang tidak bisa
dikenali satu per satu. Komunikasi demikian sering juga disebut pidato,
ceramah, atau kuliah umum. Beberapa pakar menggunakan istilah komunikasi
adalahkelompok besar.
Ciri-ciri
komunikasi publik
1.
Satu pihak (pendengar ) cenderung lebih pasif.
2.
Interaksi antara sumber dan penerima terbatas
3.
Umpan balik yang diberikan terbatas
4.
Dilakukan di tempat umum seperti di kelas, auditorium,
tempat ibadah.
5.
Dihadiri oleh sejumlah besar orang
6.
Biasanya telah direncanakan
7.
Sering bertujuan untuk memberikan penerangan,
menghibur, memberikan penghormatan dan membujuk
Sarana
Komunikasi Publik
Saluran Komunikasi Publik adalah sarana atau media
apapun yang bisa menjangaku publiktermasuk:
·
Media massa
·
Rapat umum
·
Aksi Demonstrasi
·
Media Online—blog, situs jejaring sosial, kolom
komentar di website/blog, e-mail, milis
·
SMS
·
Surat
·
Surat Pembaca
·
Reklame
·
Spanduk
Komunikasi publik memerlukan keterampilan komunikasi
lisan dan tulisan agar pesan dapat disampaikan secara efektif dan efisien.
Komunikai publik dapat dilakukan oleh siapapun, dapat pula dilakukan oleh
seorang komunikator publik profesional. Mereka yang termasuk Komunikator
Profesional antara lain, manager dan staf PR/Humas, wartawan, peyiar radio,
presenter, penyaji ramalan cuaca, dan sebagainya.
B. KOMUNIKASI MASSA
a. Pengertian Komunikasi Massa
Pengertian Komunikasi Massa adalah bentuk komunikasi yang menggunakan
saluran (Media) dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal,
berjumblah banyak, terpencar, sangat heterogen dan menimbulkan efek tertentu.
Selain itu pesan yang disampaikan cenderung terbuka dan mencapai khalayak
dengan serentak. Menurut Charles R. Wright menyatakan komunikasi massa
berfungsi untuk kegiatan penyelidikan (surveillance), kegiatan mengkorelasikan,
yaitu menghubungkan satu kejadian dengan fakta yang lain dan menarik
kesimpulan, selain itu juga berfungsi sebagai sarana hiburan.
Definisi Komunikasi massa adalah suatu proses dimana media menyebarkan
pesan ke publik secara luas dan pada sisi lain diartikan sebagai bentuk
komunikasi yang ditujukan pada sejumblah khalayak yang tersebar, heterogen,
anonim, melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat
diterima secara serentak dan sesaat.
b. Ciri-ciri Komunikasi Massa
1.
Menggunakan media masa dengan organisasi (lembaga
media) yang jelas.
2.
Komunikator memiliki keahlian tertentu
3.
Pesan searah dan umum, serta melalui proses produksi
dan terencana
4.
Khalayak yang dituju heterogen dan anonim
5.
Kegiatan media masa teratur dan berkesinambungan
6.
Ada pengaruh yang dikehendaki
7.
Dalam konteks sosial terjadi saling memengaruhi antara
media dan kondisi masyarakat serta sebaliknya.
8.
Hubungan antara komunikator (biasanya media massa) dan
komunikan (pemirsanya) tidak bersifat pribadi.
9.
Sifat pesan terbuka
10. Khalayak
variatif baik dari segi usia,agama, suku, pekerjaan maupun dari segi kebutuhan
11. Sumber dan
penerima dihubungakan oleh saluran yang diproses secara mekanik
12. Sumber
merupakan suatu lembaga atau institusi
13. Umpan balik
lambat (tertunda) dan sangat terbatas. Dengan kemajuan teknologi, saat ini
sudag lebih dapat teratasi
14. Sifat
penyebaran pesan yang berlansung cepat dan serempak serta luas mampu mengatasi
jarak dan waktu. Dapat bertahan lama bila didokumentasikan
15. Dari segi
ekonomi biaya untuk memproduksi komunikasi massa cukup mahal dan memerlukan
dukungan tenaga kerja yang relatif banyak untuk mengelolanya
c. Fungsi
Komunikasi Massa
Menurut Cangara, komunikasi tidak hanya diartikan
sabagai pertukaran berita atau pesan, tetapi juga sebagai kegiatan individu dan
kelompok mengenai pertukaran data, fakta, dan ide (Winardono, 2006 : 57).
Komunikasi massa dapat berfungsi untuk :
- Informasi, yaitu kegiatan untuk mengumpulkan, menyimpan data, fakta, opini, pesan, komentar, sehingga orang bisa mengetahui keadaan yang
- Sosialisasi, yakni menyediakan dan mmengajarkan ilmu pengetahuan bagaimana orang bersikap sesuai dengan nilai-nilai yang ada, serta bertindak sebagai anggota masyarakat secara efektif.
- Motivasi, mendorong orang untuk mengikuti kemajuan orang lain melalui apa yang mereka baca, lihat, dengar, melalui media massa.
- Bahan diskusi, yaitu menyediakan informasi untuk mencapai persetujuan dalam hal perbedaan pendapat mengenai hal-hal yang menyangkut orang banyak.
- Pendidikan, yaitu dengan menyajkan informasi yang mengandung nilai edukasi, sehingga membuka kesempatan untuk memperoleh pendidikan secara informal.
- Memajukan kebudayaan, media massa menyebarluaskan hasil-hasil kebudayaan melalui pertukaran siaran radio, televisi, atau media cetak. pertukaran ini memungkinkan penigkatan daya kreativitas guna memajukan kebudayaan nasional masing-masing negara, serta memperkuat kerjasama masing-masing negara.
- Hiburan, media massa adalah sarana yang banyak menyita waktu luang semua golongan usia, dengan difungsikannya sebagai alat hiburan dalam rumah tangga. Sifat estetikanya dituangkan dalam bentuk lagu, lirik, bunyi, gambar, dan bahasa, membawa orang pada situasi menikmati hiburan seperti halnya hiburan lain.
- Integrasi, yaitu banyaknya negara-negara didunia dewasa ini diguncang oleh kepentingan-kepentingan tertentu, karena perbedaan etnis dan ras. Komunikasi sepert satelit dapat digunakan untuk menghubungkan perbedn-perbedaan itu dalam memupuk dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.
Menurut Dominick (2001), fungsi komunikasi massa
adalah
·
Surveilence (pengawasan)
·
Interpretation (penafsiran)
·
Linkage (keterkaitan)
·
Transmiission of values (penyebaran nilai)
·
Entertainment (hiburan)
Fungsi komunikasi massa terpopuler tercantum dalam UU
No. 40/1999 tentang Pers, yaitu:
·
Menyampaikan informasi (to inform)
·
Mendidik (to educate)
·
Menghibur (to entertain)
·
Melakukan pengawasan sosial (social control)
d. Karakteristik
Komunikasi Massa
Elizabeth Noelle Neuman (1983:92)
menyebutkan empat tanda pokok dalam komunikasi massa:
1.
Komunikasi massa bersifat tidak langsung
2.
Komunikasi massa bersifat satu arah
3.
Komunikasi massa bersifat terbuka
4.
Memiliki publik yang secara geografis tersebar
Nurudin dalam Pengantar Komunikasi Massa (2004:19)
menyebutkan ciri-ciri komunikasi massa sebagai berikut:
1. Komunikator
Melembaga
2. Komunikator dalam
Komunikasi Massa bersifat Heterogen
3. Pesannya
bersifat umum
4. Komunikasi
berlangsung satu arah
5. Komunikasi massa
menimbulkan keserempakan
6. Komunikasi masssa
mengandalkan peralatan teknis
7. Komukasi massa
dikontrol oleh gatekeeper
Dampak Komunikasi Publik dan Komunikasi
Massa
- Sudut Pandang Komunikator/Produser
Produser/komunikator/media adalah
pihak yang aktif memberikan pengaruh pada audiens.
“Kampanye media membuat dia menjadi
pemenang”.
- Sudut Pandang Audiens/Konsumen.
Audiens
adalah pihak yang aktif mengendalikan pengaruh media.
“Ketika siaran televisi berisi
kampanye politik, saya segera mematikannya.”
- Penggunaan Dan Pemenuhan Kebutuhan
Media menyediakan informasi, audiens
memilih informasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar