Jumat, 22 April 2016

Media Komunikasi Publik dan Media Massa


Ikhtisar 4 Media Komunikasi Publik 
 
KOMUNIKASI PUBLIK DAN KOMUNIKASI MASSA

A.   KOMUNIKASI PUBLIK


a.     Pengertian Komunikasi Publik
Komunikasi publik merupakan suatu komunikasi yang dilakukan di depan banyak orang. Dalam komunikasi publik pesan yang disampaikan dapat berupa suatu informasi, ajakan, gagasan. Sarananya, bisa media massa, bisa pula melalui orasi pada rapat umum atau aksi demonstrasi, blog, situs jejaring sosial, kolom komentar di website/blog, e-mail, milis, SMS, surat, surat pembaca, reklame, spanduk, atau apa pun yang bisa menjangkau publik. Yang pasti, Komunikasi Publik memerlukan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan agar pesan dapat disampaikan secara efektif dan efisien.
Komunikasi Publik adalah komunikasi antara seorang pembicara dengan sejumlah besar orang (khalayak) yang tidak bisa dikenali satu per satu. Komunikasi demikian sering juga disebut pidato, ceramah, atau kuliah umum. Beberapa pakar menggunakan istilah komunikasi adalahkelompok besar.
Ciri-ciri komunikasi publik
1.      Satu pihak (pendengar ) cenderung lebih pasif.
2.      Interaksi antara sumber dan penerima terbatas
3.      Umpan balik yang diberikan terbatas
4.      Dilakukan di tempat umum seperti di kelas, auditorium, tempat ibadah.
5.      Dihadiri oleh sejumlah besar orang
6.      Biasanya telah direncanakan
7.      Sering bertujuan untuk memberikan penerangan, menghibur, memberikan penghormatan dan membujuk
Sarana Komunikasi Publik
Saluran Komunikasi Publik adalah sarana atau media apapun yang bisa menjangaku publiktermasuk:
·         Media massa
·         Rapat umum
·         Aksi Demonstrasi
·         Media Online—blog, situs jejaring sosial, kolom komentar di website/blog, e-mail, milis
·         SMS
·         Surat
·         Surat Pembaca
·         Reklame
·         Spanduk
Komunikasi publik memerlukan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan agar pesan dapat disampaikan secara efektif dan efisien. Komunikai publik dapat dilakukan oleh siapapun, dapat pula dilakukan oleh seorang komunikator publik profesional. Mereka yang termasuk Komunikator Profesional antara lain, manager dan staf PR/Humas, wartawan, peyiar radio, presenter, penyaji ramalan cuaca, dan sebagainya.

B.   KOMUNIKASI MASSA

a.     Pengertian Komunikasi Massa
Pengertian Komunikasi Massa adalah bentuk komunikasi yang menggunakan saluran (Media) dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumblah banyak, terpencar, sangat heterogen dan menimbulkan efek tertentu. Selain itu pesan yang disampaikan cenderung terbuka dan mencapai khalayak dengan serentak. Menurut Charles R. Wright menyatakan komunikasi massa berfungsi untuk kegiatan penyelidikan (surveillance), kegiatan mengkorelasikan, yaitu menghubungkan satu kejadian dengan fakta yang lain dan menarik kesimpulan, selain itu juga berfungsi sebagai sarana hiburan.

Definisi Komunikasi massa adalah suatu proses dimana media menyebarkan pesan ke publik secara luas dan pada sisi lain diartikan sebagai bentuk komunikasi yang ditujukan pada sejumblah khalayak yang tersebar, heterogen, anonim, melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.
b.      Ciri-ciri Komunikasi Massa
1.      Menggunakan media masa dengan organisasi (lembaga media) yang jelas.
2.      Komunikator memiliki keahlian tertentu
3.      Pesan searah dan umum, serta melalui proses produksi dan terencana
4.      Khalayak yang dituju heterogen dan anonim
5.      Kegiatan media masa teratur dan berkesinambungan
6.      Ada pengaruh yang dikehendaki
7.      Dalam konteks sosial terjadi saling memengaruhi antara media dan kondisi masyarakat serta sebaliknya.
8.      Hubungan antara komunikator (biasanya media massa) dan komunikan (pemirsanya) tidak bersifat pribadi.
9.      Sifat pesan terbuka
10.  Khalayak variatif baik dari segi usia,agama, suku, pekerjaan maupun dari segi kebutuhan
11.  Sumber dan penerima dihubungakan oleh saluran yang diproses secara mekanik
12.  Sumber merupakan suatu lembaga atau institusi
13.  Umpan balik lambat (tertunda) dan sangat terbatas. Dengan kemajuan teknologi, saat ini sudag lebih dapat teratasi
14.  Sifat penyebaran pesan yang berlansung cepat dan serempak serta luas mampu mengatasi jarak dan waktu. Dapat bertahan lama bila didokumentasikan
15.  Dari segi ekonomi biaya untuk memproduksi komunikasi massa cukup mahal dan memerlukan dukungan tenaga kerja yang relatif banyak untuk mengelolanya
c. Fungsi Komunikasi Massa
Menurut Cangara, komunikasi tidak hanya diartikan sabagai pertukaran berita atau pesan, tetapi juga sebagai kegiatan individu dan kelompok mengenai pertukaran data, fakta, dan ide (Winardono, 2006 : 57). Komunikasi massa dapat berfungsi untuk :
  1. Informasi, yaitu kegiatan untuk mengumpulkan, menyimpan data, fakta, opini,  pesan, komentar,  sehingga  orang  bisa  mengetahui  keadaan yang
  2. Sosialisasi, yakni menyediakan dan mmengajarkan ilmu pengetahuan bagaimana orang bersikap sesuai dengan nilai-nilai yang ada, serta bertindak sebagai anggota masyarakat secara efektif.
  3. Motivasi, mendorong orang untuk mengikuti kemajuan orang lain melalui apa yang mereka baca, lihat, dengar, melalui media massa.
  4. Bahan diskusi, yaitu menyediakan informasi untuk mencapai persetujuan dalam hal perbedaan pendapat mengenai hal-hal yang menyangkut orang banyak.
  5. Pendidikan, yaitu dengan menyajkan informasi yang mengandung nilai edukasi, sehingga membuka kesempatan untuk memperoleh pendidikan secara informal.
  6. Memajukan kebudayaan, media massa menyebarluaskan hasil-hasil kebudayaan melalui pertukaran siaran radio, televisi, atau media cetak. pertukaran ini memungkinkan penigkatan daya kreativitas  guna memajukan kebudayaan nasional masing-masing negara,  serta memperkuat kerjasama masing-masing negara.
  7. Hiburan, media massa adalah sarana yang banyak menyita waktu luang semua golongan usia, dengan difungsikannya sebagai alat hiburan dalam rumah tangga. Sifat estetikanya dituangkan dalam bentuk lagu, lirik,  bunyi, gambar, dan bahasa, membawa orang pada situasi menikmati hiburan seperti halnya hiburan lain.
  8. Integrasi, yaitu banyaknya negara-negara didunia dewasa ini diguncang oleh kepentingan-kepentingan tertentu, karena perbedaan etnis dan ras. Komunikasi sepert satelit dapat digunakan untuk menghubungkan perbedn-perbedaan itu dalam memupuk dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.
Menurut Dominick (2001), fungsi komunikasi massa adalah
·         Surveilence (pengawasan)
·         Interpretation (penafsiran)
·         Linkage (keterkaitan)
·         Transmiission of values (penyebaran nilai)
·         Entertainment (hiburan)
Fungsi komunikasi massa terpopuler tercantum dalam UU No. 40/1999 tentang Pers, yaitu:
·         Menyampaikan informasi (to inform)
·         Mendidik (to educate)
·         Menghibur (to entertain)
·         Melakukan pengawasan sosial (social control)
d. Karakteristik Komunikasi Massa
Elizabeth Noelle Neuman (1983:92) menyebutkan empat tanda pokok dalam komunikasi massa:
1.      Komunikasi massa bersifat tidak langsung
2.      Komunikasi massa bersifat satu arah
3.      Komunikasi massa bersifat terbuka
4.      Memiliki publik yang secara geografis tersebar
Nurudin dalam Pengantar Komunikasi Massa (2004:19) menyebutkan ciri-ciri komunikasi massa sebagai berikut:
1.      Komunikator Melembaga
2.      Komunikator dalam Komunikasi Massa bersifat Heterogen
3.      Pesannya bersifat umum
4.      Komunikasi berlangsung satu arah
5.      Komunikasi massa menimbulkan keserempakan
6.      Komunikasi masssa mengandalkan peralatan teknis
7.      Komukasi massa dikontrol oleh gatekeeper
Dampak Komunikasi Publik dan Komunikasi Massa
  1. Sudut Pandang Komunikator/Produser
 Produser/komunikator/media adalah pihak yang aktif memberikan pengaruh pada audiens.
“Kampanye media membuat dia menjadi pemenang”. 
  1. Sudut Pandang Audiens/Konsumen.
  Audiens adalah pihak yang aktif mengendalikan pengaruh media.
 “Ketika siaran televisi berisi kampanye politik, saya segera mematikannya.”
  1. Penggunaan Dan Pemenuhan Kebutuhan
Media menyediakan informasi, audiens memilih informasi yang sesuai dengan kebutuhannya. 



Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar