Ikhtisar 5 Media Komunikasi Publik
MEDIA MASSA
A. Pengertian Media Massa
Media massa adalah
(dalam bahasa Inggris: Mass Media) singkatan yang berasal dari
Media Komunikasi Massa dalam bahasa inggris Mass Communication Media, yang
berarti media massa yaitu sarana penyampaian pesan-pesan, aspirasi
masyarakat, sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita ataupun pesan
kepada masyarakat langsung secara luas.
Pengertian media
massa menurut para ahli:
- Menurut (Cangara, 2002) – Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber kepada khalayak (menerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, TV.
- Sedangkan menurut (Rakhmat, 2001) – Media massa adalah faktor lingkungan yang mengubah perilaku khalayak melalui proses pelaziman klasik, pelaziman operan atau proses imitasi (belajar sosial). Dua fungsi dari media massa adalah media massa memenuhi kebutuhan akan fantasi dan informasi.
B. Jenis-jenis media massa
·
Media Cetak
Misalnya:
Koran, Majalah, Tabloid, Buletin, Pamflet, Banner, Poster, dll.
·
Media Elektronik
Misalnya seperti: Radio, TV, Film
atau Video, dll.
·
Media Siber
Misalnya seperti: Media Sosial,
Website, Portal Berita, Blog, dll
Setiap jenis-jenis dari media
massa memiliki sifat-sifat khasnya oleh sebab itu penggunaannya juga
harus diperhitungkan sesuai kemampuan dan sifat khasnya.
Kelemahan media cetak dibandingkan
internet:
·
Jangkauan terbatas
·
Kurang up to date karena memiliki waktu
tertentu untuk diterbitkan
·
Mengeluarkan biaya untuk membelinya,
seperti membeli koran dan majalah
·
Tampilannya yang kurang menarik
Kelebihan media cetak:
- Memiliki arsip
- Media cetak seperti koran berita yang disajikan lebih mendalam
Kelebihan Internet:
- Jangkauan luas bisa menampilkan berita dari mana saja baik di dalam maupun luar negerI
- Internet bisa di up date kapan saja ketika ada berita bisa langsung di up date
- Tampilannya menarik
Kelemahan Internet:
- · Yang di bahas di internet biasanya kurang mendalam kurang luas.
C. Karakteristik
Media Massa
Karakteristik media massa yang
umum, dapat kamu baca di bawah ini:
- Publisitas yaitu yang disebarluaskan kepada masyarakat atau publik.
- Universalitas yaitu pesannya yang bersifat umum, mengenai segala aspek kehidupan serta semua peristiwa di berbagai tempat, maupun menyangkut mengenai kepentingan umum sebab sasarannya masyarakat umum.
- Kontinuitas yaitu berkesinambungan sesuai dengan priode mengudara ataupun jadwal terbitnya.
- Aktualitas yaitu yang berisi hal-hal baru. Aktualitas dapat diartikan kecepatan penyampaian informasi kepada masyarakat umum.
- Periodisitas yaitu tetap atau berkala. Seperti misalnya harian, mingguan, ataupun siaran sekian beberapa jam per harinya.
Karakteristik Media Massa menurut
Cangara (2006):
- Bersifat melembaga, artinya pihak yang mengelola media terdiri dari banyak orang, yakni mulai dari pengumpulan,pengelolaan sampai pada penyajian informasi.
- Bersifat satu arah, artinya komunikasi yang dilakukan kurang memungkinkan terjadinya dialog antara pengirim dan penerima. Kalau pun terjadi reaksi atau umpan balik, biasanya memerlukan waktu dan tertunda.
- Meluas dan serempak, artinya dapat mengatasi rintangan waktu dan jarak, karena ia memiliki kecepatan. Bergerak secara luas dan simultan, dimana informasi yang disampaikan diterima oleh banyak orang dalam waktu yang sama.
- Memakai peralatan teknis atau mekanis, seperti radio, televisi, surat kabar, dan semacamnya.
- Bersifat terbuka, artinya pesannya dapat diterima oleh siapa saja dan dimana saja tanpa mengenal batas usia, jenis kelamin, dan suku bangsa
Karakteristik Media Massa menurut
Djafar H. Assegaf (1991):
- Komunikasi yang terjadi dalam media massa bersifat searah. Komunikan tidak dapat memberikan tanggapan secara langsung kepada komunikatornya yang biasa disebut dengan tanggapan yang tertunda (delay feedback).
- Media massa menyajikan rangkaian atau aneka pilihan materi yang luas, bervariasi. Ini menunjukkan bahwa pesan yang ada dalam media massa berisi rangkaian dan aneka pilihan materi yang luas bagi khalayak atau para komunikannya.
- Media massa dapat menjangkau sejumlah besar khalayak. Komunikan dalam media massa berjumlah besar dan menyebar di mana-mana, serta tidak pernah bertemu dan berhubungan secara personal.
- Media massa menyajikan materi yang dapat mencapai tingkat intelek rata-rata. Pesan yang disajikan dengan bahasa yang umum sehingga dapat dipahami oleh seluruh lapisan intelektual baik komunikan dari kalangan bawah sampai kalangan atas.
- Media massa diselenggrakan oleh lembaga masyarakat atau organisasi yang terstruktur. Penyelenggara atau pengelola media massa adalah lembaga masyarakat/organisasi yang teratur dan peka terhadap permasalahan kemasyarakatan.
Menurut Robert K, Avery menyatakan bahwa media massa
memiliki fungsi sebagai berikut :
- The surveilance of environtment, yaitu media massa berfungsi sebagai pengamatan tehadap lingkungan, penyingkap ancaman, dan kesempatan untuk mempengaruhi nilai masyarakat, serta sebagai sebagain unsur didalamnya.
- The corralation of the part of society in responden to the environment, yaitu fungsi media massa untuk mengadakan koralasi antara informasi data yang diperoleh dengan kebutuhan khalayak sasaran, karena komunikator lebih menekankan pada seleksi evaluasi dan interprestasi.
- The transmission tha social harietage from one generation to the next generation, yaitu media massa berperan untuk memindahkan nilai-nilai budaya dan warisan dari satu generasi ke generasi lainnya.
Fungsi media massa yang
lainnya adalah:
- Sebagai pemberi informasi – pemberi informasi kepada masyarakan umum, secara tepat waktu.
- Sebagai pengambilan keputusan – Berperan dalam menghantarkan informasi untuk mengambil keputusan.
- Sebagai bahan untuk diskusi, memperjelas permasalahan yang dihadapi serta menyampaikan pesan-pesan para pemuka masyarakat.
- Sebagai pendidik – Sebagai pemberi pendidikan kepada masyarakat melalui berbagai macam informasi.
Fungsi Media Massa menurut Harold D. Laswell adalah:
- Informasi (to inform)
- Mendidik (to educate)
- Menghibur (to entertain)
Fungsi Media De Vito:
- Menghibur
- Meyakinkan – e.g. iklan, mengubah sikap, call for action.
- Menginformasikan
- Menganugerahkan status – menunjukkan kepentingan orang-orang tertentu; name makes news. “Perhatian massa = penting”.
- Membius – massa terima apa saja yang disajikan media.
- Menciptakan rasa kebersatuan –proses identifikasi.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar